Jumat, 23 Juni 2017

REFLEKSI AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS



SEKEDAR MOTIVASI BUAT KITA ATLM(AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS)
Analis kesehatan atau lebih tren sekarang dikenal dengan ATLM(ahli tenaga laboratorium medis).Sebuah gelar yang asing bagi masyrakat awam.Dan mereka sering beranggapan kalau analis kesehatan itu seperti perawat atau bidan.Gelar yang tidak asing bagi mereka masyarakat awam.Gelar yang tidak asing bagi mereka,karena yang dikenal atau sepengetahuan mereka yah hanya seputar perawat,bidan,dokter.
            Sontak saya yang berprofesi sebagai tenaga ATLM langsung berkomentar,bukan kami bukan bidan,perawat ataupun dokter.Misalnya bapak/ibu mereka berobat ke sebuah rumah sakit,jika ada suruhan dari bidan/perawat untuk ke laboratorium periksa darah.Nah disitu bapak/ibu mereka bertemu dengan kami sebagai ATLM/analis kesehatan.
            Seharian kami hanya ditemani dengan darah manusia,urine,faeces,dahak itulah kerjaan kami.kami tidak bertemu langsung dengan setiap pasien.Kami kebanyakan berperan belakang layar jarang untuk muncul depan layar.Akan tetapi hasil pemeriksaan kami sangat penting bagi dokter,perawat,bidan untuk menegakkan diagnosa.Dan bagi seorang apoteker untuk terapi obat kepada mereka yang sakit.
            Sedikit refleksi kembali saya sebagi seorang ATLM yang barusan bekerja 6 tahun di salah satu rumah sakit,dengan beberapa teman yang punya karakter berbeda.Dari cuplikan saya sedikit diatas.Sebagai tenaga ATLM  melontarkan pertanyaan yang mungkin berprofesi sama dengan saya.’’Apakah pekerjaan saya membuat orang untuk sembuh atau malah sebalikny???’’Mungkin lontaran pertanyaan diatas juga sebagai bahan refleksi bagi teman-teman tenaga kesehatan lain.Dengan pertanyaan tersebut cobalah kita merefleksi setiap hari sebelum melakukan rutinitas pekerjaan kita.Saya yakin pasti seharian kita lalui dengan senyum dan kita akan bekerja dengan hati untuk kesehatan  bumi pertiwi kita tercinta.
Mari kita selalu terapkan  senyum,ramah,cepat,tepat dan teliti.Janganlah kita hanya mau bekerja cepat,biar pekerjaan kita cepat selesai,tetapi yang lain kita kurang perhatikan.Terlebih-lebih kita sebagai ATLM cobalah menganalisa sample apapun sebelum kita melanjutkan rangkaian pekerjaan lainnya.Selalu perhatikan pranalitik,analitikal,post analitik.Karena tiga hal tersebut sangat penting bagi kita dalam bekerja.Hal yang saya garis bawah disini selain 3 hal diatas,marilah selalu perhatikan waktu.Kapan waktu saya mulai kerjakan sample,kapan waktu saya membaca pemeriksaan..karena sedikit saja kita tidak tepat waktu sesuai dengan SOP maka hasil yang keluar sudah berbeda.Human eror pemeriksaan bukan hanya pada alat yang kita pakai,bisa jadi human eror terjadi pada kita sebagai ATLM.Semoga kita menjadi ATLM yang handal demi kesehatan bumi pertiwi kita tercinta ini.
Berikut ini adalah dialog singkat saya dengan seorang bapak yang sempat jumpa dan ngobrol di terminal.
Bapak : (mungkin sekedar bas-basi untuk ngobrol dengan saya).Adik mau kemana?
Saya    : Pulang kampung
Bapak   : Sekolah dimana ?
Saya    :(Hanya senyum,karena sudah kesekian kalinnya orang menanyakan saya sekolah     dimana.) sontak menjawa sudah selesai sekolah bapak.
Bapak   : Ooh,,,,sekarang sudak kerja?
Saya     : iya
Bapak   : Kerja dimana?
Saya     : di RS si A pak.
Bapak   :  Kok tidak kelihatan saat kami berobat di RS tempat kerjamu?
Saya     :  Iya bapak saya kebanyakan hanya dalam ruangan jarang untuk ketemu langsung dengan pasien.
Bapak  : Ooohh adik perawat kah ?
Saya    : Bukan,,Saya kerja di laboraorium.
Bapak  : Yang periksa-periksa darah yah dik?
Saya     : Iya bapak..

            Dari  dialog singkat diatas,maka saya mulai menulis dan menguraikan sedikit dengan sedikit apa itu ATLM pada tulisan saya awal.

MAJULAH TERUS ANKES,MAJULAH BERPRESTASI DEMI KESEHATAN BUMI PERTIWI.
BEKERJALAH DENGAN HATI,PERTANGGUNGJAWABKAN  SEMUA PADA ALLAH!!!!!
KITA PASTI BISA,
SALAM ANALIS.....
           
 

Tidak ada komentar: